19.8.10

Mohon Bantuan Infaq.



Assalamu’alaikum warrohmatullohi wa barokatuh.

Foto ini adalah salah satu bagian dari bangunan Masjid Raya Baitul Ma’mur. Ini adalah bangunan utama atau ruang ibadah / ruang shalat. Luas ruang bagian dalam adalah 12 x 12 meter. Dibawah ruang ini adalah ruang serba guna yang luasnya sama, yaitu 12 x 12 meter. Ruang seba guna diperuntukan pelaksanaan kegiatan-kegiatan. Seperti rapat, resepsi pernikahan dan lainnya. Bangunan utama ini di balut dengan ornamen ala Betawi, yang seluruhnya terbuat dari kayu jati, seperti lisplang gigi balang, langkan, pembalut tiang, jendela dan pintu. Lantai terbuat dari granit warna putih, atap dari genting khusus yang tahan cuaca.

Bangunan ini dibuat cukup apik, sehingga membuat jamaah yang melaksanakan ibadah didalamnya terasa nyaman betah berlama-lama dan Insya Alloh khusu’.

Diatas hanya sebagian dari bangunan Masjid Raya Baitul Ma’mur, belum lagi bagian-bagian bangunan yang lain, yang jauh lebih luas, dan bahannya sama, yaitu bahan kayu jati. Bangunan diatas hanya 1/3 nya dari luas bangunan seluruhnya. Luas bangunan seluruhnya sekitar 1500 meter persegi dan menempati areal seluas 2140 meter persegi. Tanah beasal dari wakaf sebuah keluarga besar pada tahun 1963 yang lalu.

Sejak berdirinya masjid ini, yaitu tahun 2002, telah beberapa kali diadakan pengecatan pada tembok dan pemlituran pada bahan-bahan yang terbuat dari kayu jati. Nah, hal ini tentunya tidak sedikit memakan biaya.

Tentu hal ini harus dilakukan secara baik, teliti dan periodik, agar bahan-bahan bangunan yang digunakan untuk gedung ini, terutama kayu, bisa bertahan lama. Karena biar bagaimanapun bahan kayu adalah bahan yang rentan terhadap cuaca.

Sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana perawatan gedung ini..? Dan dari mana biayanya..?

Melalui kesempatan ini, barangkali diantara pembaca ada yang ingin berinfaq di masjid ini, untuk meringankan biaya perawatan, tentunya Kami sangat berterima kasih. Anda dapat lansung datang ke Masjid Raya Baitul Ma’mur.

Alamat:

Kawasan Perkampungan Budaya Betawi, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. 12640

Telp: (021)78893467, (021)94041194,
E-mail: baitulmamur@ymail.com ,

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi wa barokatuh.

H. Abdul Rohim Sairin (DKM)




Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar