28.1.11

Agar Anak Tidak Boros.

1.
Memberikan contoh-contoh yang baik kepada anak bagaimana berperilaku hemat.

2.
Membiasakan anak sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah.
Dengan keadaan perut yang kenyang, anak akan lebih konsentrasi dalam belajar sehingga tidak memikirkan jajan. Disamping itu, orang tua hendaknya tidak memberi uang jajan berlebihan kepada anak karena merangsang anak untuk jajan berlebihan.

3.
Menjelaskan kepada anak bahwa tidak semua jajanan itu sehat.
Dengan pengertian seperti itu, anak diharapkan dapat memperhatikan makanannya dan tidak mengikuti keinginan untuk jajan sembarangan.

4.
Menyediakan makanan ringan di rumah.
Tentu saja yang sehat dan bergizi. Tentu tidak harus mahal. Jika Anti memiliki pelayan di rumah, bekerjasamalah dengannya dalam mendidik anak-anak supaya hemat.

5.
Melatih anak gemar menabung.
Misalnya dengan menyisihkan seratus rupiah dari uang jajan untuk dimasukkan ke dalam celengan. Anak-anak mendapatkan manfaat yang besar dari menabung.

6.
Mengajarkan nilai kerja keras dan empati kepada orang lain.
Berilah pengertian kepada anak bahwa untuk mendapatkan uang diperlukan kerja keras dan gigih sehingga pemanfaatannya harus sehemat mungkin. Kemudian mengajarkannya empati, mengasah kepekaannya terhadap masalah sosial.

7.
Mengajarkan bagaimana merawat barang milik sendiri.
Berilah pengertian kepada anak agar mau merawatnya dengan baik sehingga tidak mudah rusak. Mengajari anak untuk menyimpan mainannya sendiri setelah selesai bermain juga harus menjadi perhatian orang tua.
-Sumber :  www.shalihah.com -



Artikel Terkait: