30.4.11

Ridho Alloh.


Mencari Ridho Allah.

Hampir semua orang islam tahu betul bahwa apapun yang kita lakukan di dunia ini hanya mencari ridho Alloh… Kata-kata RIDHO ALLOH sendiri sangat luas artinya, sangat dalam maknanya, dan sangat banyak penjabaran serta penafsirannya…

Mari kita telusuri bahasa RIDHO ALLOH dengan pemikiran yang sederhana dan logis… dengan bahasa yang sederhana ridho berarti menerima dengan baik atau menerima dengan ikhlas…
Ridho Alloh bersama dengan Ridho orang tua..



Tentunya kalau anak ingin diterima oleh orang tuanya berarti anak tersebut harus menuruti perintah orang tua (perintah yang baik) dan tidak melakukan apa yang dilarangnya… sudah barang tentu seorang anak juga harus bisa menerima dengan baik apapun yang orang tua berikan kepadanya (menerima dengan senang hati).
Orang tua memberi banyak anak wajib berterimakasih, Orang tua memberi sedikit anak juga harus tetap berterimakasih. Agar orang tua senang dengan sang anak tentunya si anak juga harus bisa menyenangkan orang tuanya.



Pendek kata kita sebagai anak harus berbuat sebaik mungkin kepada orang tua, berusaha semaksimal mungkin membahagiakan orang tua. Kita jaga nama baik orang tua dengan tidak berbuat yang memalukan dan mencoreng nama baik orang tua.

Tutur kata kita harus sopan dan santun, lembut dan penuh perhatian, cepat dan tanggap dengan apa yang orang tua inginkan, tidak menunda-nunda apa yang diperintahkan orang tua.
Pada saat anak sakit orang tua pasti akan berusaha semaksimal mungkin mengupayakan agar anak bisa cepat sembuh. Anak juga harus berbuat demikian ketika mendapatkan orang tuannya sakit.
Kepada orang tua anak juga harus bisa membangun komunikasi yang baik, sering berbagi rasa baik suka maupun duka. Intensitas komunikasi sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman anak dan orang tua.
Kalau kita berbuat yang baik dan bisa membahagiakan orang tua yakin orang tua tanpa kita mintapun akan akan dengan tulus mendoakan anaknya agar hidupnya lebih baik lagi..
Sabar apabila orang tua sedang marah marah, dengarkan segala keluh kesahnya. Kalau kita sering memberi dan membahagiakan orang tua yakin orang tua juga akan memberikan apa yang ia punya agar bisa membahagiakan anaknya..

Insya Alloh dengan kita ridho melakukan yang terbaik untuk orang tua kita akan mendapat ridho orang tua..
Cirinya kita mendapat ridho orang tua bisa dilihat dan dirasakan.. Orang tua akan senang dengan kehadiran sang anak.. orang tua akan senang mendengar suara anaknya.. orang tua bahagia hanya dengan melihat foto anaknya, orang tua akan membanggakan anaknya didepan orang lain dan orang tua juga akan menjaga nama baik anaknya.
Kalau kita sudah bisa mendapatkan ridho orang tua berarti kita sudah masuk dalam satu tahapan dalam pencarian RIDHO ALLOH.

RIDHO ALLOH..
Sama dengan mencari ridho orang tua.. untuk mencari RIDHO ALLOH kita sebagai hamba harus bisa menjalankan segala perintah-NYA dan menjauhi segala larangan-NYA. Dan kita juga harus bisa ridho dan menerima dengan baik dengan segala apa yang Alloh hadirkan kepada kita..

Alloh hadirkan keindahan dan kemapanan kita wajib bersyukur. Alloh hadirkan kesusahan dan cobaan kita juga harus Alhamdulillah.. Diberi penderitaan hidup tetap tenang dan yakin dengan kebesaran-NYA, bahkan wajib berterimakasih kepada-NYA. Tetap bahagia dikala suka dan duka.. Banyak orang mampu menghadapi ujian ketiadaan tapi tak jarang orang gagal pada saat diuji dengan keberadaan.

Kita juga harus bisa menjaga NAMA ALLOH (asmaul husna) Alloh Maha Pemberi/Pemurah berarti kita tidak boleh pelit.. Alloh Maha Penyayang berarti kita tidak boleh membenci dan memusuhi orang.. Alloh Maha Pengampun berarti kita juga harus bisa memaafkan orang lain.. Alloh Maha Suci berarti kita harus bisa mensucikan diri kita baik lahir maupun bathin.. Alloh Maha Perkasa berarti kita tidak boleh loyo.. das seterusnya (99 Asma)..

Kita juga harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan Alloh.. Kita wajib berprasangka baik kepada Alloh.. Membangun komunikasi dengan Alloh dengan berbagai cara, sholat 5 waktu, sholat sunah, sholat malam, dzikir baik dihati maupun dilisan.. Melibatkan Alloh dalam semua urusan kita, curhat dan berserah diri kepada-NYA.. Yang Jelas Alloh Ghoib sehingga untuk bisa membangun komunikasi tersebut kita harus menggunakan perangkat ghoib pula yaitu hati, jiwa, rasa dan sang bathin. Tetapi perangkat-perangkat tersebut hanya bisa dioperasikan dengan adanya sang raga.. Tanpa sang raga kita tidak bisa melakukan apa-apa. Raga itulah yang bisa berhubungan dengan wakil-wakilnya Alloh di muka bumi. Tapi raga tanpa hati dan jiwa serta rasa tentunya kita bagaikan robot yang akan mudah dikendalikan oleh sang NAFSU.
Tutur kata yang lembut.. Bahasa nan sopan, berserah diri, merendah dan tidak sombong di hadapan-NYA adalah modal kita untuk berkomunikasi kepada-NYA

Setiap saat setiap waktu hati, rasa dan jiwa kita harus kita latih untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta.. dengan belajar mengenal-NYA kita akan belajar untuk menjalankan KEHENDAK-NYA.. mencoba mengerti apa kemaun-NYA sehingga kita bisa benar-benar menjadi Wakil-NYA (khalifah) dibumi ini..
Pada saat ada Wakil Alloh (manusia dan seluruh makhluk yang ada) yang sedang sakit, kita harus peduli dan jadi orang pertama yang menengoknya, dan apabila kita ada kemampuan untuk menyembuhkannya kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menyembuhkannya.. Pada saat ada yang membutuhkan pertolongan kita yang paling pertama menolongnya.. Ada yang kekurangan kita yang pertama memberinya.. Jadikanlah raga kita benar-benar menjadi wakilnya Alloh dimuka bumi ini.

Ada yang memaki, membenci dan memfitnah kita anggaplah itu sebagai cara Alloh menegur dan berbicara kepada kita, sehingga kita tidak mungkin bisa balik marah dan membencinya. Yang ada kita akan introspeksi dengan kekurangan kita, segera minta ampun kepada-NYA dan berterimakasih kepada orang yang membenci dan memaki kita dengan kita mendoakan kebaikan untuknya.
Pendek kata kalau kita ingin mendapat RIDHONYA kita juga harus berusaha untuk mendapatkan ridho dari wakil-wakil Alloh yang berhubungan dengan kita.

Ciri orang yang mendapat Ridho Alloh bisa dilihat didunia ini. Ia akan diterima oleh seluruh kalangan, kehadirannya akan membahagiakan orang lain, perjalanannya akan menorehkan kebaikan di alam, kata-katanya merupakan solusi bagi orang-orang yang membutuhkan, seluruh hidupnya digunakan untuk kebaikan umat, hidupnya sebagai tauladan yang baik, seluruh hidupnya digunakan untuk mewujukan cinta dan mengagungkan ALLOH SWT.. amin…

semoga kita semua bisa mendapatkan ridho-NYA….

Sumber disini.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar